Selasa, 02 Oktober 2012

LEGISLATIF RUSIA


PENGERTIAN BADAN LEGISLATIF
Badan legislative (parlemen) yaitu lembaga yang “legislate” atau lembaga yang membuat undang-undang yang mana anggota dari badan legislative itu merupakan representasi dari seluruh rakyat Indonesia dimanapun dia berada meskipun dia berada diluar negeri, karena pemilihan anggota badan legislative ini melalui pemilihan umum.

BENTUK BADAN LEGISLATIF DI RUSIA
Peran serta tugas badan Legislatif di Negara komunis seperti Uni-Soviet/Rusia sangat berlawanan dengan tugas badan legislative di Negara-negara demokratis karena perbedaan paham ideologinya.
Secara formal badan legislative Uni-Soviet atau kini Rusia adalah Soviet tertinggi sangat ditonjolkan peranannya sebagai organ kekuasaan Negara tertinggi (the highest organ of state power), yang merupakan perwujudan “kemauan rakyat tunggal”. Di Negara dengan paham komunis badan legislatifnya atau di rusia disebut dengan Soviet Tertinggi tidak hanya merupakan kekuasaan legislative tunggal tetapi juga memiliki kekuasaan eksekutif dan Yudikatif.

Karena konsentrasi kekuasaan berada di tangan badan legislative maka system ini disebut sebagai pemerintahan majelis (Assembly Government). Soviet tertinggi mendelegasikan kekuasaannya kekuasaannya menurut satu pola yang mirip dengan system konstitusionil di Negara demokratis, yaitu sebagian besar kekuasaan eksekutifnya diserahkan kepada suatu cabinet (Council of Ministers) yang secara formil bertanggung jawab kepada Soviet Tertinggi. Kekuasaan Yudikatif diserahkan kepada badan-badan peradilan. Mendelegasikan kekuasaan ini memang sangat perlu sebab Soviet Tertinggi hanya bersidang beberapa minggu setahun sehingga praktis tidak mungkin untuk menyelenggerakan kekuasaan yang luas itu.
Anggota Soviet Tertinggi berjumlah kira-kira 1300 orang dan dibagi dalam dua majelis yaitu Soviet of The Union (Mejelis Rendah) dan Soviet of Nationalities (Majelis tinggi) yang mewakili 15 negara bagian dan daerah-daerah otonom lainnya. Keanggotaannya mencakup anggota partai komunis dan orang-orang partai yang disetujui partai. Mereka dipilih untuk masa jabatan empat tahun dalam pemilihan yang bebsa dan rahasia akan tetapi system pemilihan yang dipakai adalah system calon tunggal untuk kursi, jadi tidak ada persaingan dalam perebutan kursi.

Anggota Soviet Tertinggi memilih kira-kira 30 orang untuk bertindak sebagai presidium Soviet Tertinggi. Badan ini bertindak atas nama Soviet Tertinggi selama badan itu tidak bersidang seperti misalnya menunjuk dan memberhentikan menteri dia dapat mebubarkan Soviett Tertinggi kalau ada perselisihan dia dapat membubarkan Soviet Tertinggi kalau ada perselisihan antara kedua mejelis dan mengadakan pemilihan umum baru , namu hal ini belum pernah terjadi.Kedudukan presidium Soviet tertinggi boleh dikatakan unik, sebab selain menyelenggarakan Soviet Tertinggi tertentu, dia juga merupakan kepala Negara kolektif. Dalam menjalankan fungsinya anggota-anggota presidium mempunyai kedudukan yang sama hanya dalam upacara formil dan protokoler seperti menyemat tanda jasa dan menerima tamu asing ketua presidium bertindak atas nama seluruh presidium. Dan dia juga biasanya disebut sebagai Presiden Uni Soviet.

WEWENANG BADAN LEGISLATIF
Wewenang Presidium mencakup bidang eksekutif, seperti mengeluarkan dekrit-dekrit yang dalam siding soviet tertinggi berikutnya disahkan. Disamping itu presidium mempunyai yudikatif untuk membatalkan aturan-aturan maupun keputusan cabinet kalau dianggap tidak sesuai dengan undang-undang, dan memberikan tafsiran yang mengikat mengenai undang-undang. Presidium secara formil bertanggung jawab pada soviet tertinggi akan tetapi dalam prakteknya presidium membimbing soviet tertinggi. Hal ini dimungkinkan oleh karena anggota merangkap menjadi pimpinan partai komunis.
Sekalipun Soviet Tertinggi secara formil merupakan organ yang memegang semua semua kekuasaan, dalam praktek dapat dilihat bahwa badan itu, karena pendeknya masa sidangnya sebenarnya dipimpin oleh Presidiumnya. Cabinet secara formil bertanggung jawab kepada Soviet tertinggi Presidiumnya dan menteri-menteri ditunjuk dan diberhentikan oleh badan tersebut. Akan tetapi dalam prakteknya, cabinet memainkan peran yang lebih dominan. Dalam praktek, badan legislative komunis baik di uni soviet maupun dalam Negara-negara komunis lainnya yang pada umumnya mengikuti pola Uni Soviet tidak bertindak sebagai badan yang menonjolkan peranan sebagai badan legislative ataupun sebagai badan pengontrol dan badan proteksi terhadap pemerintah, akan tetapi dia merupakan alat untuk menjalin masyarakat ramai dengan aparatur pemerintahan.


RUJUKAN
www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar